Rumah Jackie Setelah John F Kennedy Terbunuh Ditawarkan Rp 130 Miliar

KOMPAS.com - Jacqueline (Jackie) Kennedy sempat pindah ke rumah baru setelah suaminya, John F Kennedy, terbunuh. 

Rumah bergaya Federal di N Street Washington DC kemudian dimiliki selama bertahun-tahun oleh mantan Miss America Yolande Betbeze Fox, yang meninggal pada bulan Februari.

Keluarganya kini menjual rumah tersebut senilai 9,75 juta dollar (Rp 130 miliar). Rumah ini diklaim hampir tidak berubah sejak hari pertama Jackie tinggal di sana.

Jackie sedang bersama dengan suaminya di Dallas ketika ia ditembak mati oleh Lee Harvey Oswald pada November 1963.

Selama dua minggu setelah kematian suaminya, Jackie dan anak-anaknya tetap tinggal di Gedung Putih.

Saat musim dingin setelah pembunuhan itu, keluarga ini tinggal di Gedung Putih, sebelum Presiden Lyndon Johnson dan istrinya pindah ke sana.

Setelah liburan, Jackie kemudian membeli rumah yang berada di N Street ini untuk hidup dengan putra dan putrinya tersebut.

Namun, Jackie hanya tinggal di rumah ini selama kurang dari satu tahun sebelum pindah bersama keluarganya ke Manhattan. Tujuannya, ia menginginkan privasi dari pers dan wisatawan.

Rumah dengan luas sekitar 650,3 meter persegi dibangun sekitar 1794 dan memiliki enam kamar tidur.

Satu-satunya instalasi modern yang terdapat di rumah ini adalah lift yang membantu penghuni mencapai ruangan di rumah setinggi tiga lantai.

Fitur lainnya adalah kubah dengan pemandangan Sungai Potomac. Ketika Jackie meninggalkan Washington DC, dia menjual rumah tersebut ke pemilik penerbit New Republic, Michael Straight.

Straight kemudian tinggal di rumah dengan istri keduanya, Nina Auchincloss Steers, yang kebetulan saudara tiri Jackie. Pada 1970-an, Straight menjual rumah tersebut kepada Fox.